Apa itu Santet?

Tulisan ini memang oleh sebagian orang dianggap tidak populer bahkan terkesan tahayul karena berbau mistis, kami sengaja menulis ini bukan tanpa alasan karena di berbagai daerah di Indonesia khususnya di desa kami, setiap ada orang yang sakit atau meninggal dunia yang tidak wajar acap kali dihubung-hubungkan dengan dunia santet, sekalipun sebutannya berbeda. Ada yang menyebut, Guna-guna, (Ngahirian=sebutan orang Pamulihan).

Meyakini dan mempercayai terhadap dunia santet ini sudah lama – ketika kami masih duduk di sekolah dasar pun sering mendengar, mungkin usianya sudah ratusan tahun. Hal tersebut dipercayai dan diyakini bukan saja oleh orang awam bahkan orang terdidik sekalipun. Dan akibatnya kehidupan sosial masyarakat menjadi terganggu bahkan tidak nyaman karena saling mencurigai satu sama lain. Keberadaan dukun, biasanya dianggap mampu menyesaikan masalah, tapi kenyataannya tidak juga.

Sebelum menulis kami mencoba mencari dan bertanya kepada beberapa orang yang dianggap tahu dan paham tentang yang ada hubungannya dengan dunia santet, diantaranya termasuk kepada ulama. Untuk melengkapai tulisan singkat ini juga kami mencoba berselancar melalui dunia internet, ternyata banyak sekali tulisan yang membahas dunia santet. Akhirnya kami memberanikan diri menyajikan tulisan ini. Selamat membaca…!

I. ISTILAH SANTET

SANTET: berarti SAYATAN atau menyanyat tubuh dalam (JEROAN) dengan kekuatan ilmu hitam, ilmu ini sangat terkenal pada masa lampau hingga sampai sampai sekarang, santet merupakan bentuk penggabungan antara kekuatan batin dan kekuatan alam ghaib yang diproses sedemikian rupa sehingga terbuntuknya energi yang besar, dan dalam energi tersebut disalurkan pada sebuah media atau alat (sejenis benda kecil yang tajam) untuk niat yang jahat, dan benda tersebut terselimuti oleh kekuatan energy sehingga terproses untuk tak tampak oleh mata kemudian barulah dikirimkan dengan bantuan makhluk halus untuk mengirimkan kepada yang dituju.dalam istilah para ILMUWAN, disebut dengan istilah DEMATRIALISASI yaitu proses perubahan materi menjadi energi alias non materi, dengan begitu semua benda sesungguhnya merupakan kumpulan partikel-partikel kecil yang dipadatkan, sesuai RUMUS EINSTEIN bahwasanya E=MC2, bahwa benda padat apapun dengan kepadatan MASSA (M) diproses dengan kecepatan yang melebihi kecepatan Cahaya(C) dapat diurai menjadi partikel-partikel kecil atau semacam energi yang tidak kelihatan keliatan.

Sebelum benda tersebut sampai kepada yang dituju, terlebih dahulu si dukun mengirimkan sinyal getaran gelombang yang berbentuk partikel sebagai penerobos benteng pertahanan, selama kejiwaan dan fikiran yang dituju masih sehat maka akan sangat susah santet tersebut bisa masuk kedalamnya, karena aliran darah serta syaraf otak masih sinergis dengan kekuatan jiwa sehingga memiliki aura positif yang besar dan membuat pertahanan secara alami. Santet merupakan kejahatan ilmu hitam yang paling atas tingkatannya di daerah Indonesia khususnya di tanah Jawa.sebelum melakukan penyerangan sipelaku memerlukan salah satu atau lebih sarana yang berhubungan dengan korbanya contoh seperti nama korban, Foto, Binti/bin(nama ortu), Alamat, barang milik korban, bekas makan/minum, rokok korban dan bagian tubuh korban (rambut,kuku,dll).

II. TUJUAN MENYANTET

Santet merupakan metode penyerangan jarak jauh tidak seperti cara kerja teluh jenis bahan yang dipergunakan spisifik umumnya barang mati{tidak bernyawa} seperti kain, jerami (batang padi){dibentuk boneka} jarum, silet, beling(pecahan kaca), batu, sapu lidi, lilin, benang, kembang{bunga}, kemenyan dll. serangan ini dapat diketahui dari tubuh korban yang normal tanpa gejala yang terlalu terlihat oleh mata. rasa sakit yang ditimbulkan oleh serangan ini umumnya hanya lokal{bagian tertentu saja} dan saat {dironsen pun tidak ada apa-apanya} hasil dari pengerjaanya pun nyaris tidak meninggalkan tanda/jejak yang terlalu mencolok.

Santet adalah upaya seseorang untuk mencelakai orang lain dari jarak jauh dengan menggunakan ilmu hitam. Santet dilakukan menggunakan berbagai macam media antara lain rambut, foto, boneka, dupa, rupa-rupa kembang, paku dan lain-lain. Seseorang yang terkena santet akan berakibat cacat atau meninggal dunia. https://id.wikipedia.org/wiki/Santet

Ciri-ciri orang yang terkena ilmu santet
 rasa yang diderita datang pada jam tertentu atau kambuh hanya pada waktu-waktu tertentu saja.
 penderita merasakan sakit yang nyeri sekali seperti ada benda menusuk didalam anggota badan pada bagian organ-organ tertentu.
 tidak berfungsinya salah satu otot maupun urat karena terasa kaku seperti diikat kuat.sehingga tidak mampu menggerakan atau merasakan lumpuh total.
 merasakan bagian-bagian tertentu pada anggota tubuh terasa panas seperti terbakar api.
 perut terasa mual dan mules seperti keracunan yang parah.

Test terkena santet atau bukan bisa menggunakan metode di bawah ini:
a. Cobalah anda mencari DAUN JARAK, atau DAUN SIRIH MERAH terutama yang temu rosnya, perlu Anda ketahui bahwa rasa kedua daun tersebut terasa pahit, namun bila Anda terkena santet dan Anda mengunyah atau memakan daun tersebut terasa manis atau tidak merasakan pahit maka Anda terkena penyakit yang disebabkan gangguan gaib.

b. Cobalah minum air yang dicampur garam bila terjadi reaksi penyakitnya tiba-tiba hilang rasa sakitnya dan kemudian selang beberapa menit kambuh lagi maka Anda bisa juga terkena gejala kiriman gaib

c. Cobalah periksakan ke dokter apabila semua normal dimulai dari tensi darah, cek up dan apabila tidak diketahui penyakitnya maka perlu cari solusi yang lain.

d. Anda bisa menjalani sholat hajat kemudian tidur di bawah sajadah bila perlu Anda memakai cara kuno yaitu tidur di depan pintu dengan bantalan sapu lidi, insya Allah akan mendapat petunjuk dari penyakitnya.

III. Cara Mengobati Santet

A. Obat dan Ritual Terkena Santet Menurut Pendapat Orang

a. DAUN KETAPANG, DAUN DELIMA PUTIH, DAUN SURUH YANG TEMU URAT, DAUN KELOR, Kelima daun ini INSYA ALLAH bisa mengobati SANTET dari gejala panas seluruh tubuh maupun badan yang kaku, kelima daun tersebut direbus dijadikan satu setelah agak dingin disaring dan diminum kemudian sisanya dibuat mandi.

b. DAUN WIDORO 7 PUNTUNG, pipislah dan ditumbuk sambil membaca AYAT KURSY , kemudian dimasak dengan air sambil diaduk-aduk dengan membaca SURAT AL FALAQ 7 X DAN AN NAAS 7 X kemudian airnya dibuat mandi INSYA ALLAH sembuh, obat ini bisa digunakan kondisi penyakit yang mengalami sakit sekujur badanya lemas dan tidak bertenaga, akan lebih mujjarab bila yang mengamalkan ini terlebih dahulu puasa sehari seperti Romadhan.

c. BUNGA SETAMAN ditaruh di dalam bak kemudian dibaca ALFATIHAH 41 X, AL IKLASH 41X, AN NAAS 41 X, AL FALAQ 41 X, AYAT QURSY 41X. setelah itu dibuat mandi, obat ini unutk penyakit kepala pusing terasa ditusuk-tusuk amalan ini hendaknya di puasai terlebih dahulu satu hari, INSYA ALLAH sembuh dari penyakit tersebut.

d. RITUAL PUASA MUTIH 7 HARI YAITU Puasa seperti ROMADHON tetapi bukanya MUTIH, ritual ini untuk mengeluarkan benda di dalam tubuh yang disebabkan kiriman atau santet, amalan dibaca terus menerus INSYA ALLAH penyakitnya keluar lewat kencing atau pada saat di belakang , kadang bisa keluar dari lubang pori-pori.

B. Cara Mengobati Sihir Secara Islami

Setelah terkena sihir, maka lakukanlah tindakan berikut ini:

Cara Pertama; Mengeluarkan benda sihir yang dijadikan alat oleh tukang sihir dalam melakukan sihirnya, lalu memusnahkannya jika hal itu bisa dilakukan, dan ini adalah cara yang sangat efektif dalam membatalkan sihir ataupun dalam upaya pengobatan terkena sihir.

Cara ke dua; Hendaklah seorang muslim yang bertauhid, aqidahnya tidak terkotori oleh kesyirikan, dan ibadahnya tidak terkotori oleh riya, sum’ah dan bid’ah, meruqyah orang yang terkena sihir tersebut dengan mengikuti petunjuk berikut ini:

a. Menumbuk 7 helai daun bidara yang berwarna hijau, lalu masukkan ke dalam bejana yang sudah terisi air yang cukup untuk mandi, kemudian bacakan ruqyah berikut ini pada air yang ada dalam baskom tersebut;

A’ûdzubillâh minasy-syaithânir rajîm, dilanjutkan dengan membaca ayat kursi (surat al-Baqarah ayat 255), kemudian surat al-A’râf ayat 117-122, kemudian surat Yunus ayat 79-82, kemudian surat Thaha ayat 65-70, kemudian surat al-Kâfirûn, al-Ikhlash, al-Falaq, an-Nas. Bacakanlah sebanyak 1 X atau 3 X.

Kemudian hendaklah orang yang terkena sihir meminum air yang sudah dibacakan ruqyah tersebut 3 X tegukan dan selebihnya pergunakan untuk mandi. Cara seperti ini boleh diulangi berkali-kali hingga sihir yang ada hilang dengan izin Allah subhanahu wata’ala.

b. Membacakan surat al-Fatihah, ayat kursi, 2 ayat terakhir al-Baqarah, al-Ikhlas, al-Falq, an-Nas dan surat-surat atau ayat-ayat yang lainnya karena pada hakikatnya semua ayat al-Qur’an itu adalah obat. Bacaan ruqyah ini hendaklah disertai dengan tiupan pada orang yang kesurupan tersebut, dan hendaklah peruqyah meletakkan tangan kanannya pada tempat-tempat yang dirasakan sakit oleh penderita. Hal ini diulang hingga 3 X atau lebih.

Kemudian setelah itu bacakan do’a-do’a yang disyari’atkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam hadits-haditsnya yang shahih. (silahkan beli buku karya yazid jawas, wahid abdus salam bali, syaikh bin baz)

b. Hendaklah yang terkena sihir meletakkan tangan kanannya pada bagian tubuh yang terasa sakit, seraya membaca, “A’udzu bi’izzatillahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru (7 kali), Bismillâhi (3 kali)

Cara ketiga; Mengeluarkan penyakit dengan melakukan pembekaman (dibekam) pada bagian anggota tubuh yang tampak ada bekas sihirnya, jika memungkinkan untuk melakukannya.

IV. Cara Mencegah Santet

Sebelum terkena sihir, maka hendaklah melakukan tindakan preventif berikut ini sebagai bentuk pencegahan, caranya adalah berikut di bawah Ini:

Menjaga kemurnian tauhid dan ikhlas beribadah hanya kepada Allah subhanahu wata’ala saja serta menjauhi perbuatan syirik dan pelakunya.

Menjaga seluruh kewajiban yang telah dibebankan pada diri seorang muslim, menjauhi seluruh larangan Allah subhanahu wata’ala dan Rasul-Nya, serta bertaubat dari segala dosa dan kemaksiatan.

Perbanyaklah membaca Al-Qur’an, dan hendaklah mewiridkan bacaan al-Qur’an tersebut setiap hari terutama surat Al-Baqarah, karena syaithan akan lari dari rumah yang dibacakan surat tersebut.

Membentengi diri dengan bermacam-macam do’a dan ta’awwudz yang disyari’atkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, seperti wirid selesai shalat, wirid pagi dan sore hari dan ibadah-ibadah yang lainnya yang telah disyari’atkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Jauhilah ibadah-ibadah bid’ah dan ritual-ritual klenik yang tidak punya dasar hukum dalam Islam, karena hal itu merupakan jalan syaithan untuk menjerumuskan orang yang beriman ke jurang neraka.

Jika memungkinkan hendaklah memakan 7 butir kurma setiap hari, dan yang lebih utama adalah kurma Madinah/kurma Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Ciri-ciri Dukun (ingat: haram hukumnya berobat kepada dukun/paranormal/orang pintar).
Di antara ciri-ciri dukun:

1. Menanyakan nama pasien dan nama ibunya (untuk syarat pengobatan), juga hari dan tanggal kelahiran.
2. Meminta bekas-bekas yang dipakai si sakit.
3. Meminta sembelihan tertentu, kadang dengan ciri-ciri khusus.
4. Menuliskan rajah-rajah dan huruf-huruf dengan berbagai susunan yang sedemikian rupa.
5. Membaca mantra yang tidak jelas maknanya.
6. Memberikan sesuatu yang harus ditimbun di tanah atau sekitar rumah.
7. Memberitahu kan perkara-perkara khusus berkaitan dengan si pasien.
8. Tampak tanda-tanda kefasikan padanya, seperti tidak pernah shalat berjamaah, suka kemaksiatan, tidak konsisten dengan sunnah dan lain-lain.

Rujukan: 1. Al-’Ilaaj fi ar-Ruqo, syaikh Said al-Qahthani 2. Hukmu as- Sihr wa al-Kahanah, Syaikh Abdul Aziz bin Baz 3. Brosur “As-Sihr wal ‘Ain wa ar-Ruqyah minhuma,” Fahd bin Sulaiman al-Qadhi.
(Abu Abdillah Dzahabi) Sekian, terimakasih semoga bermanfaat.

About pamulihan

Editor

Posted on 26/07/2016, in Paguneman. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: