Sejarah Desa Pamulihan Edisi Lengkap Segera Terbit

Pengertian Sejarah Desa

buku_p01Sejarah Desa dapat dikategorikan kedalam sejarah lokal, mengandung suatu pengertian, bahwa suatu peristiwa yang telah terjadi hanya meliputi suatu daerah dan tidak menyebar ke daerah lainnya. Sejarah lokal tentang suatu daerah memuat masalah awal suatu daerah tersebut seperti asal usul daerah bersangkutan sampai kepada perkembangan daerah itu pada masa berikutnya. Taufik Abdullah (1996) mendefinisikan sejarah lokal sebagai “sejarah dari suatu tempat”, suatu locality yang batasnya ditentukan oleh perjanjian penulis sejarah.

Setiap wilayah di Indonesia memiliki karakter tersendiri. Hal ini disebabkan masing-masing wilayah terbentuk melalui proses sejarah panjang yang berbeda-beda. Demikian juga kebudayaan, merupakan produk dari proses sejarah yang panjang. Oleh karena itu, Sejarah Lokal merupakan yang kompleks yang memiliki banyak aspek dari keseluruhan pengalaman kolektif masa lalu meliputi aspek sosial-budaya, politik, agama, teknologi, ekonomi, dan sebagainya dalam suatu wilayah tertentu.

Sejarah lokal yang identik dengan cerita rakyat sampai sekarang masih berkembang terus dan penyebarannya secara turun menurun oleh masyarakat. Tetapi masih banyak cerita rakyat yang belum terdeteksi maupun terekam dalam bentuk tulisan maupun kajian. Cerita ini biasanya berupa cerita yang berbentuk kepahlawanan, legenda, keunikan, maupun yang lainnya. Peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi di daerah biasanya dikenang dan diingat dalam bentuk nama. Nama tersebut biasanya diambil dari nama peristiwa, orang, binatang, tumbuhan, dan sebagainya. Menurut Suyono (1990: 123) keseluruhan nama itu selalu mengandung makna, meskipun dalam motif yang berbeda-beda, ada yang sebagai pengingat-pengingat suatu peristiwa, sesuatu harapan, atau hanya sebagai suatu tanda.

Berbicara masalah sejarah adalah sesuatu pemikiran yang mangacu pada masa lampau, oleh karenanya pemaparan dalam hal sejarah merupakan panyampaian peran tentang apa-apa yang pernah terjadi pada masa lampau. Kalau kita soroti dari segi tujuan dalam hal pemaparan sejarah adalah sebagai bandingan pada masa sekarang dan sebagai cerminan terhadap peristiwa masa akan datang. Dalam hal ini kita berbicara sejarah yang lebih khusus yaitu sejarah desa.

Manfaat Penulisan Sejarah Desa

Merupakan langkah awal untuk terus menggali potensi sejarah dan budaya masyarakat. Sangat penting kita untuk menoleh ke belakang untuk mengetahui asal-usul diri kita, sehingga dapat dijadikan sebagai cermin bagi langkah di masa depan. Ini merupakan manfaat utama dari kita mempelajari sejarah.

Hal yang penting bagi generasi sekarang dan masa depan adalah mengambil yang baik dari masa lalu dan membuang yang buruk. Dengan harapan agar kita mendapatkan kuantitas dan kualitas yang lebih baik dibandingkan pada masa lalu.

Penulisan sejarah desa merupakan bagian yang memiliki makna yang strategis dari kajian sejarah lokal. Tujuan dari penulisan sejarah desa ini selain untuk mendokumentasikan beberapa peristiwa penting dalam suatu wilayah tertentu, juga merupakan langkah melakukan ‘demokratisasi sejarah’.

Maksud dari ‘demokratsasi sejarah’ adalah sudah saatnya masyarakat mampu memberi makna dari beragam peristiwa sejarah baik tingkat lokal sampai global. Inisiatif penulisan sejarah tersebut berasal dari dalam masyarakat lokal (history from below). Sejarah lokal, dalam hal ini sejarah desa, mempunyai manfaat yang banyak. Di antaranya sebagai sarana untuk mendokumentasikan dan beragam nilai-nilai lokal, tradisi, adat dan kebiasaan masyarakat lokal yang dapat membantu untuk mengenal dan memperkokoh identitas/jati diri sosial kulturalnya.

Kesulitan Penulisan Sejarah Desa

Menurut Guru Besar Ilmu Pendidikan Sejarah UPI, Prof Dr Dadang Supardan M.Pd pada pidato pengukuhan jabatan Guru Besar UPI di Gedung Balai Pertemuan UPI Jalan Setiabudhi, mengakui bahwa Indonesia kaya akan sejarah lokal. Namun penulisan sejarah lokal di Indonesia masih mengalami berbagai kesulitan padahal pelajaran sejarah sangat berkontribusi terhadap integrasi bangsa.

Begitu pula dalam penulisan Sejarah Desa Pamulihan mengalami hal sama dan memakan rentang waktu yang cukup panjang. Berdasarkan informasi  yang disampaikan Bapak H. Achmad Lazuardi Noor, beliau adalah salah satu nara sumber utama Penulisan Sejarah Desa Pamulihan, beliau memulai mengumpulkan bahan-bahan sudah dimulai sejak tahun 1958. Beliau melakukan wawancara dengan beberapa orang sesepuh desa, baik sesepuh Desa Pamulihan atau pun sesepuh tetangga desa, beliau pun mengunjungi berbagai museum dan sebagainya dalam rangka mencocokan informasi yang diterima dari berbagai sumber untuk dipilah dan dipilih kevalidannya. Dan hasil penulisannya dipaparkan kepada orang-orang Desa Pamulihan dari berbagai kalangan untuk dikoreksi atau dibantah jika terjadi ada kekeliruan atau ada sumber lain yang lebih valid dari tulisannya.

Pada bulan Agustus 2013, untuk sementara penulisan Sejarah Desa Pamulihan sudah dianggap rampung dengan mencoba mengundang berbagai perwakilan tokoh-tokoh Desa Pamulihan baik tinggal di perantaun ataupun yang tinggal di kampung termasuk perangkat desa, untuk melakuan Soft Launching Sejarah Desa Pamulihan, bertempat di Hotel Purnama Kuningan, Jawa Barat.

Beragam Tanggapan

Tahun 2012 buku Sejarah Desa Pamulihan sudah dicetak dan diedarkan, namun karena para penyusun sangat apresiasif dan terbuka kepada siapa saja yang mengoreksi, akhirnya dilakukan revisi seperlunya. Ini membuktikan bahwa para penyusun Sejarah Desa Pamulihan sangat terbuka terhadap kritik dan saran baik secara tertulis maupun langsung ketika dibuka di forum-forum pemaparan asalkan didukung dengan argumentasi yang wajar dan dapat dipertanggungjawabkan. Namun demikian masih ada juga yang mengkritik tidak pada tempatnya dalam arti di luar forum, dari mereka ada yang bilang begini begitu dan sebagainya.

Menurut saya, kritik dan saran dari orang-orang yang diundang tetapi tidak mau hadir anggap saja bicara di warung kopi tidak perlu ditanggapi. Bahkan jika saya penulis Sejarah Desa Pamulihan kepada orang yang demikian, akan saya suruh membuat bandingannya dalam arti silakan Anda buat Sejarah Desa Pamulihan atau apa namanya yang lebih baik dari yang sudah ada. Mari kita saling bantah dan saling mempertanggung jawabkan tulisan masing-masing. Kalau hanya sekedar menyalahkan semua orang juga bisa dan biasa.

Yang paling menggembirakan, Kepala Desa Pamulihan Ade Setiwandi, sering disapa Kuwu Kaping dalam pidatonya pada acara Soft Launching, bahwa beliau pernah mendapatkan ucapan selamat dari salah seorang pejabat Kabupaten Kuningan, karena baru Desa Pamulihan yang sudah menyusun sejarah desanya. Ini membuktikan bahwa menyusun sejarah sebuah desa itu tidak mudah, sebab terkadang sulit membedakan mana dongeng mana yang mendekati sejarah dan harus didukung oleh nara sumber dan fakta-faktanya.

Harapan dan Saran

Tulisan ini hanya sekedar mengapresiasif dan salut kepada orang-orang sudah sepuh, seperti Bapak H. Achmad Lazuardi Noor, Bapak H. Kardjo Karmasasmita, Bapak OK Zaenuddin, Bapak H. Edos Iman Saputra, Bapak H. Kartama dan lain-lainya. Beliau masih peduli dan mau meluangkan waktu di tengah-tengah kesibukannya untuk memikirkan desanya.

Dengan terbitnya Sejarah Desa Pamulihan, saya pribadi merasa banyak mengambil manfaat, dulu kalau diceritakan oleh orang tua seperti dongeng sehingga sulit membedakan mana cerita rakyat dan mana sejarah, sekarang terlihat benang merahnya antara dongeng dan sejarah.

Benar atau salah jangan dipermasalahkan dulu, ini langkah awal, waktu akan membuktikan dan para penyusun tidak alergi terhadapat kritik dan saran. Saya sering bertanya kepada teman-teman dari desa lain tentang sejarah desanya. Mereka hampir sama jawabannya, bingung dari mana mulai menyusun, nara sumber sudah banyak yang meninggal.

Saya mengajak kepada generasi muda Pamulihan jika Anda mempunyai kemampuan tentang apa saja, baik tentang penyusunan Sejarah Desa yang lebih baik, atau lainnya mari konstribusikan untuk Desa Pamulihan yang lebih baik di masa depan.

About pamulihan

Editor

Posted on 29/09/2013, in Paguneman. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: