Mau Dibawa Kemana Generasi Muda Bangsa Ini?

“Mau Dibawa Kemana Generasi Muda Bangsa Ini?” merupakan sebuah judul yang tepat dan mencoba mengungkapkan kegalauan saya terhadap generasi muda jaman sekarang. Generasi muda jaman sekarang, anggaplah sebagai anak-anak dan remaja, sedang mengalami krisis kepribadian dan intelektual. Bagaimana tidak? Anak-anak kecil yang masih duduk di bangku sekolah dasar sudah berani mencoba merokok, pacaran, ciuman, dan membuka situs-situs website terlarang. Bahkan kita pernah mendengar berita di media massa bahwa anak yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama telah mencabuli gadis yang masih duduk di bangku sekolah dasar kelas 4 akibat menonton film porno. Maka yang harus dipertanyakan di sini adalah “Siapakah yang harus bertanggung jawab dan dipersalahkan?”

Pertanyaan di atas memang terlalu ekstrim, bahkan kita semua tahu bahwa tidak adil kalau orang tua dari anak-anak dijadikan kambing hitam akibat permasalahan-permasalahan di atas dan tidak semua generasi muda jaman sekarang yang hancur. Saya yakin, orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya agar suatu saat dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat. walaupun demikian, terkadang orang tua lengah dalam mengawasi anak-anaknya. Tidak hanya itu, pendidikan di sekolah pun juga tidak cukup untuk memantau dan mengembangkan kepribadian anak. Pendidikan Agama dan Pancasila & Kewarganegaraan-pun tidak cukup membentuk kepribadian generasi muda sekarang.

Kita mencoba menengok sejarah, tanggal 28 Oktober 1928 sekumpulan pemuda dari berbagai unsur organisasi kepemudaan saat itu seperti jong islamieten bond, jong celebes, pemuda kaum betawi, jong ambon dan lain sebagainya berkumpul di sebuah gedung yang kelak akan dinamai sebagai gedung sumpah pemuda memberikan sebuah dampak yang sangat besar bagi perjuangan bangsa ini dalam merengkuh kemerdekaannya.

Jika kita cermati bersama bahwa fakta yang mendorong para pemuda itu untuk menyatukan misi kebangsaan adalah hal yang sangat luar biasa pada masa itu dimana ketika itu penuh dengan sikap menekan dari pemerintah kolonial. Para pemuda bersikap berani untuk menyatukan misi Indonesia raya walaupun di bawah tekanan dan ancaman pemerintahan kolonial.

Maka ketika kita melihat dewasa ini, banyak dari pemuda kita terjerumus kedalam kubangan kehancuran, apakah ini tidak menunjukan betapa lemahnya kepedulian pemuda kini mengenai apa yang pernah dan telah di perjuangkan oleh sekelompok pemuda lebih dari 82 tahun lalu. Mungkin para pemuda kini menganggap semua itu adalah masa lalu dan kini adalah realitas yang harus dihadapi.

Hanya saja jika kita mau jujur, kemerosotan moral, akhlak dan intelektual pemuda pada masa kini memang sudah dalam titik yang mengkhawatirkan. Tentu kita tidak ingin generasi bangsa masa kini menjadi suatu generasi yang istilahnya The Lost Generation, generasi yang hilang akibat ketidak siapan mereka menghadapi tekanan yang bertubi-tubi.

Ada beberapa hal yang bisa dikatakan sebagai faktor merosotnya generasi masa kini, diantaranya:

1. Ketidak siapan mental para pemuda mengahdapi globalisasi, sehingga justru mereka hanya menjadi follower dan bukannya menjadi trend setter.

2. Kekurang pahaman merekan menganai makna harga diri bangsa, sehingga dengan mudahnya mereka meniru tradisi kebudayaan bangsa lain dan mengganggap tradisi kebudayaan bangsanya sendiri adalah kuno.

3. Ketidak pedulian pemerintah terhadap generasi muda.

4. Tidak adanya pendorong dalam kehidupan realitas pemuda itu yang seharusnya menyemangati mereka untuk menjadi lebih baik.

5. Ketiadaann tokoh yang mampu menjadi panutan dalam hal yang “lurus”, para pemuda sekarang cenderung meniru langkah sosok yang justru bobrok secara moral dan akhlak tentu sangat menyedihkan.

Akhirnya ini menjadi tanggungjawab kita semua. Untuk menjawab pertanyaan: “Mau dibawa kemana generasi muda bangsa ini?”

 

About pamulihan

Editor

Posted on 01/06/2011, in Paguneman. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: